Arti Istiqomah Dalam Islam

Apa Arti Istiqomah Dalam Islam Dan Maknanya– Menjadi pribadi yang istiqomah merupakan salah satu tuntunan yang diajarkan oleh Rosullah Nabi Mohammad Saw, agar bisa selamat di dunia maupun sampai di ahirat, dengan menjalankan semua tuntunan dan larangan-larangan Allah Swt.

Sifat keistiqomahan yang di contohkan oleh Rosullah adalah salah satunya adalah setiap ketika selesai melakukan sholat lima waktu dan doa yang selalu disebut Rasulullah Muhammad SAW dalam doanya, Rasulullah SAW kerap berdoa, memohon agar diberi keteguhan hati dan selalu taat kepada Allah SWT.

Hal tersebut tertera dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Ahmad, pada suatu ketika istri Rosullah SAW Ummu Salamah menjawab salah satu pertanyaan dari Syahr bin Hawsyab “Apa doa yang selalu Rosullah panjatkan dalam doanya?

Ummu Salamah menjawab “Ya muqollibal quluub, tsabbit qolbii ‘ala diinika (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu)’. yang dapat diartikan

Yang namanya hati manusia selalu berada di antara jari-jemari Allah. Siapa saja yang Allah kehendaki, maka Allah akan berikan keteguhan dalam iman. Namun siapa saja yang dikehendaki, Allah pun bisa menyesatkannya“.

memahami serta meneladani hal di contohkan Rosullah dengan beristiqomah memang salah satu kewajiban kita semua bagi seorang muslim agar bisa selamat di dunia maupun ahirat, dengan mengamalkan sifat istiqomah seperti yang sudah dicontohkan oleh Rosul tadi diatas, akan tetapi hendaknya kita harus bisa memahami apa itu istiqomah dan arti kata dalam islam supaya, nantinya kita tidak salah dalam mengartikan dan mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Arti Istiqomah?

Istiqomah dalam Bahasa Arab (الإستقامة) ialah merupakan sebuah istilah yang umumnya dapat diartikan “berdiri lurus tegak, atau konsisten”.

Istiqomah dijalan allah dapat di jabarkan merupakan bentuk sifat konsisten dalam melakukan sebuah hal secara sungguh-sungguh demi untuk kebaikan, Seseorang yang memiliki sifat istiqomah juga akan mempunyai teguh pendirian sehingga tidak akan tergoda oleh berbagai macam rintangan dan semata-mata memohon ridho dari Allah SWT.

Baca Juga 0822 Nomor Apa?

Pengertian Istiqomah Dalam Islam

pengertian istiqomah dalam islam

Lalu menurut pandangan islam arti Istiqomah itu seperti apa? Dalam pandangan para ulama dan sahabat Nabi SAW bahwasanya istiqomah dijalan allah adalah sebagai berikut:

Abu Bakar as-Shiddiq

kata istiqomah adalah merupakan suatu kemurnian tauhid, yang artinya tidak menyekutukan Allah SWT dengan siapapun atau dengan benda dan zat lain selain Allah SWT.

Umar bin al-Khattab

Maksud kata istiqomah merupakan suatu komitmen dalam menjalankan segala apa yang diperintah dan apa yang menjadi larangan. Dapat mempertahankan pada satu perintah kemudian tidak memalingkan dari-NYA terhadap apapun seperti layaknya seekor musang.

Utsman bin Affan

Istiqomah adalah merupakan ikhlas kepada Allah atas sebuah amal. Kemudian apabila mengerjakan sesuatu semata-mata semua karena Allah SWT dengan menjalankan semua tuntunan dan laranganya.

Ali bin Abi Thalib

Sedangkan menurut pandangan sahabt nabi Ali bin Abi Thalib istiqomah adalah suatu perintah yang harus dilaksanakan dengan segala kewajiban-kewajiban yang diberikan-NYA.

Manfaat Istiqomah Dalam Kehidupan

Dengan menanamkan sifat istiqomah tentunya kita akan menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani hidup di dunia dan membawa manfaat untuk kehidupan kelak diahirat, Berikut ini beberapa manfaat Istiqomah :

  • Tahan Terhadap Godaan
  • Selalu Ingin Melakukan Kebaikan.
  • Senantiansa Teguh Pendirian.
  • Tidak Mudah Putus Asa.
  • Membuat Hati Lebih Tenang.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai makna arti Istiqomah dalam pandangan inslam yang semoga bisa selalu kita amalkan agar nantinya bisa selamat didunia dan ahirat, Terimakasih dan semoga bermanfaat, sampi bertemu kembali pada pembahasan selanjutnya

Tinggalkan komentar