Error P02 Printer Canon Mp287

Cara Mengatasi Error P02 Canon Mp287 – Sudah kita bahas pada kesempatan sebelumnya mengenai beberapa masalah dan error pada printer canon MP287. Pada pembahasan kali ini akan kita bahas secara tuntas mengenai masalah yang sering muncul pada canon Mp287. Munculnya masalah pada printer memang sudah menjadi sebuah hal yang tidak dapat di hindari apabila menggunakan peralatan mesin cetak elektronik.

Printer multifungsi seri canon MP287 ini memiliki banyak keunggulan dibanding dengan merek lain atau seri canon sebelumnya. Print, Scan dan Copy adalah sebuah fitur yang ditawarkan oleh sei ini, cukup hanya menggunakan satu printer anda sudah mampu untuk digunakan dalam berbagai macam pekerjaan.

Sayangnya dengan iming iming memiliki fitur multifungsi. Banyak sekali masalah yang muncul dari mulai eror P02, E02, E03 sampai yang paling fatal yaitu Error B200 yang harus dilakukan pergantian komponen, yaitu Resistor jenis R301 pada Mainboard.

Cara Mengatasi Error Kode B200 Canon MP287

akan tetapi pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai cara mengatasi error P02 pada printer Mp287. Sebelum masuk pada pokok pembahasan alangkah baiknya anda mengetahui penyebab dari munculnya kode eror P02 tersebut.

Penyebab Munculnya Error P02 Pada Canon Mp287

munculnya error p02 pada printer canon mp287

Penyebab munculnya masalah pada printer canon MP287 ini banyak sekali, tetapi hanya beberapa penyebab permasalahan saja yang akan kita bahas dibawah ini.

Catridge Bermasalah

Berbeda dengan merek printer sebelah yaitu printer Hp, merek printer tersebut mampu digunakan hanya dengan salah satu catridge saja. Berbeda dengan semua tipe canon yang harus ada jenis catridge yang terpasang, baik Hitam maupun Warna.

Jalur Catridge Terhalang

Setelah anda pastikan bahwasanya Catridge tidak bermasalah namun masih muncul eror, dapat kalian cek pada jalur rel tempat berjalanya catridge. Jika dirasa tidak ada benda yang menghalangi catridge bisa anda lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Mekanik ( Gerigi ) Bermasalah

Roda geriki pada printer bisa kalian cek dengan membuka scaner pada printer untuk memastikan tidak ada mekanik yang patah.

Selang Nyangkut

Penyebab munculnya error pada printer canon Mp287 yang terahir adalah terdapat benda yang tersangkut, bagi anda yang sudah melakukan modifikasi atau penambahan infus tinta, Hal ini akan menyebakan selang infus menghalangi pergerakan catridge apabila penempatan selang yang tidak sesuai sehingga dapat menggangu proses Print, Scan ataupun Copy dokumen.

Cara Mengatasi Canon Mp287 Error P02

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk bisa mengatasi permasalahan diatas dengan mudah, sehingga bisa anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus mengeluarkan biaya. berikut caranya

Cara Pertama

  1. Pastikan printer dalam keadaan mati.
  2. Buka penutup printer.
  3. Geser rumah Catrige ke tengah untuk memudahkan anda dalam melepas Catridge
  4. Lepas kedua Catridge Hitam dan Warna.
  5. Pastikan Chip pada sisi depan catridge bersih tidak berkarat atau terkena tinda.
  6. Gunakan cairan Lipa/ Pengahapus pensil untuk membersihkanya, pelan- pelan jangan sampai chip kuning tersebut lepas.
  7. Apabila dirasa bersih coba pasang kembali pada printer.

Jika dengan cara diatas masih saja tidak dapat mengatasi eror, dapat anda lanjutkan pada langkah selanjutnya.

Cara Kedua

Apabila dengan cara pertama untuk mengatasi error p02 masih belum membuahkan hasil, cara kedua ini adalah melakukan pengecekan pada pada mekanik printer

  1. Matikan Printer dengan mencabut kabel power dan usb yang terhubung.
  2. Bongkarlah casing printer, apabila sudah di bongkar, bersihkan Piringan pada bagian sebelah kiri mengunakan tisu atau sejenisnya.
  3. Cek kembali pada pita sensor (timing Belt) yang melintang pada rumah catridge. apakah robek / kotor, bersihkan pelan pelan.
  4. Jika dirasa sudah bersih dan benar, coba kembali pasang casing dan lakuakan print tes.

Apabila masih saja tidak dapat mencetak dan muncul error P02 lagi, bisa anda ikuti langkah selanjutnya.

Cara Ketiga

  1. Matikan kembali printer
  2. Bongkar kembali casing printer menggunakan obeng dengan hati hati.
  3. Cek pada Roler penarik kertas, apabila Roler patah. Segeralah ganti dengan yang baru, tidak disarankan untuk digunaka kembali karena akan berdampak pada proses mencetak.
  4. Terahir pastikan kembali pada jalur masuk kertas, tidak terdapat benda atau yang lainya, sehingga dapat menghambat jalur keluar masuk kertas.

Cara Keempat

Untuk cara keempat untuk menyelesaikan error p02 ini diperuntukan untuk anda yang sudah melakukan modifikasi printernya dengan menambah tabung infus, dan bisa menggunakan cara berikut :

  1. Matikan Printer
  2. Buka cover printer
  3. Coba untuk merapikan dan mencari posisi yang pas untuk selang tabung infus, agar tidak menghambat pergerakan dari catridge
  4. Tutup kembali dan coba untuk melakukan cetak dokumen.

Diatas adalah cara untuk mengatasi error P02 canon Mp287 yang dapat anda praktekan secara langsung apabila mendapatkan eror kode tersebut.

Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat bagi kalian, dan jangan sungkan sungkan untuk berkomentar dibawah apabila terdat hal yang belum dipahami untuk mengatasi error tersebut.

Cara Reset Printer Canon IP2770

Tinggalkan komentar