Error B200 Printer Canon MP287 / Mp237 / IP2770

Printer canon mp287

Cara Mengatasi Error B200 /P10 Canon Mp287– Printer merupakan sebuah alat cetak yang sudah tidak dapat dipisahkan lagi pada masa era digital ini, tidak hanya dalam dunia pekerjaan , pendidikan dan usaha, namun terkadang hal atau momen – momen langka yang perlu diabadikan tidak sekedar dalam foto yang berupa sofcopy namun rasanya tidak puas kalau belum dicetak dalam bentuk hard copy.

Alat cetak pada masa kini sudah bermacam – macam jenisnya, contohnya saja pada mesin cetak printer, ada yang berbentuk serbuk (Dot Metrix) dan Tinta.

Model cetak Dot metrix memang tidak diperuntukan untuk cetak gambar / dokumen berwarna, lebih diperuntukan untuk cetak dokumen hitam putih, biasanya digunakan oleh prusahaan dengan skala cetak perharinya yang lebih besar.

Sedangkan untuk cetak jenis gambar lebih di sarankan untuk menggunakan printer model tinta, karena dengan jenis tinta anda bisa mendapatkan hasil gambar yang lebih baik dan sesuai dengan aslinya (berwarna).

Dari kedua jenis Printer diatas printer jenis dot matrik lebih tahan lama dan awet dibandingkan dengan jenis tinta, karena model cetak jenis tinta sendiri, cara kerjanya berbeda karena menggunakan catridge sebagai media tempat tinta. Kita ambil saja merek printer yang sangat terkenal di indonesia yaitu Merek Canon, seri mp287 / mp237 / mp258 dan ip2770 yang menggunakan model catridge (tinta).

Pasti anda yang menggunakan printer diatas pernah menemukan beberapa masalah dan error bukan ? seperti contoh kode error E006, B200 / P10, B500 dan masih banyak yang lainya, memang pada dasarnya ada beberapa kerusakan yang dapat di perbaiki secara sofware saja contoh touble yang dapat diperbaiki dengan sofware yaitu Reser printer menggunakan reseter melalui komputer, namun ada juga yang harus dilakukan perbaikan secara hardware untuk kasus eror P10.

Cara Reset Printer Canon Ip2770

Sebelum kita bahas cara mengatasi error P10 pada printer canon mp287, setidaknya kita harus tau penyebabnya agar nantinya apabila masalah ini selesai, dapat di antisipasi gar tidak terulang kembali.

Penyebab Error B200 Printer Canon Mp287

  • Yang perlu anda ketahui, printer adalah sebuah barang elektronik dan tidak lepas dengan aliran listrik, penyebab pertama munculnya eror B200 yaitu adalah arus listik yang masuk pada printer tidak stabil sehingga menyebabkan lonjakan arus listrik yang melebihi / malah kurangnya arus yang masuk pada printer anda, sehingga berefek pada bagian – bagian yang ada pada printer seperti Mainboard.
  • Mmunculnya error yang kedua ialah dikarenakan terlalu banyak nya kapasitas mengeprint yang terus menerus tanpa adanya jeda waktu, sehingga harus dilakukan lepas pasang catridge.
  • Penyebab terahir munculnya error B200 / P10 canon Mp287 adalah pada mainboard sehingga harus dilakukan pergantian komponen R301 pada mesin.

Cara Service Error B200 / P10 MP287

Sebelum anda ikuti langkah – langkah untuk mengatasi eror P pada printer Mp287 ini, pastikan anda sudah mahir dalam solder menyolder lepas pasang komponen elektronik agar nantinya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan ketika dilakukan perbaikan, namun bagi anda yang belum paham, tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti cara service eror B200 canon Mp287 di bawah ini :

Bahan – Bahan :

  1. Siapkan Solderan dan Timah (tenol).
  2. Blower untuk mengangkat komponen R301
  3. Obeng untuk membuka casing printer.
  4. Resistor R301 yang dapat anda beli DISINI.
  5. MultiTester untuk mengecek tegangan nantinya apabila sudah selesai dipasang.

Cara Mengganti R301 Printer Canon Mp287

Error p10 canon mp287
  1. Lepaskan Screw (baut pada setiap printer) lebih tepatnya pada bagian sebelah kanan tempat lampu indikator.
  2. Lepaskan Casing secara pelan – pelan dan perhatikan setiap sisinya agar tidak salah nantinya saat pemasangan kembali.
  3. Panaskan Solderan sembari membongkar printer.
  4. Apabila casing pada printer sudah terlepas pada kerangka, lepaskan kembali screw (Baut) yang ada pada mesin atau mainboard.
  5. Ini langkah inti untu mengatasi eror B200 canon Mp287 yaitu dengan mengangkat mainboard dan cari Resistor R301 seperti pada gambar
  6. Panaskan dengan blower dan angkat.
  7. Ganti komponen resistor tadi dengan R301 yang baru, pasang dan lekatkan menggunakan solderan dan timah(tenol) secukupnya.
  8. Cek apakah arus sudah sesuai? apabila sudah sesuai pasang kembali mesin ke tempat semula dan pasang kabel seperti pada posisi awal beserta screw (bautnya)
  9. Terahir pasang casing dan hubungkan printer menggunakan kabel power.
  10. Printer siap digunakan.

Berikut tadi diatas adalah cara yang dapat anda lakukan sendiri untuk mengatasi error B200 / P10 pada canon Mp287 / Mp258 dan Ip2770. untuk dilakukannya penggantian komponen resistor R301.

Saran saja, apabila kalian takut untuk melakukan perbaikan sendiri, alangkah baiknya printer anda dapat dibawa ke tempat service terdekat untuk mengindari hal yang tidak di inginkan.

Cara Masuk Bios Laptop Lenovo

Berikan Penilaian

Average rating / 5. Vote count:

Belum Ada Penilaian

Tinggalkan komentar