Cara Memperbaiki Kipas Angin

Cara Memperbaiki Kipas Angin Gantung Tidak Berputar, Berdengung & Mati Total – Kipas angin menjadi salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan sebagai pendingin ruangan oleh kebanyakan orang, Terlebih kipas angin juga mempunyai harga yang lebih terjangkau dan ramah lingkungan dibandingkan dengan AC.

Berbeda dengan AC, kipas angin dapat dijadikan sebagai pilihan kedua untuk mendinginkan ruangan ketika kalian merasa gerah atau kepanasan, alat elektronik yang satu ini juga memiliki peran yang sangat penting dan banyak digunakan khusunya untuk daerah yang beriklim panas, apalagi kipas angin ini juga hanya memerlukan daya listik yang cukup kecil dibandingkan dengan AC, dan hal tersebut tentunya dapat mengurangi pengeluaran biaya listik bulanan anda.

Namun perlu anda ketahui namanya peralatan elektronik yang digerakan dengan tenaga listrik pastinya akan mengalami masalah entah itu karena pemakaian yang sudah cukup lama, atau memang ada masalah pada mesin elektroniknya.

Dan berbicara soal perangkat eleketronik khusunya Kipas Angin yang bekerja dengan sistem dinamo untuk memutarkan baling-baling agar mengahasilkan angin sebagai pendingin ruangan, pastinya akan banyak sekali muncul masalah entah itu kipas tidak berputar, berdengung ataupun mati total konslet karena tegangan listrik yang tidak stabil.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai cara service kipas angin gantung dari merek Cosmos, Maspion, Miyako dan lain sebagainya, yang mengalami masalah pada dinamo, berdengung maupun mati total.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Langkah yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki kipas angin gantung merek Cosmos dan Miyako anda yang mati total atau tidak berputar adalah dengan memeriksa sambungan pada panel yang terhubung ke dinamo, karena bisa jadi ada kemungkinan terdapat kabel yang terputus pada bagian dinamo kipas gantung anda.

  1. Pertama bongkar dan lepas baut kipas angin anda.
  2. Setelah itu bongkar pada bagian dinamonya.
  3. Kemudian perhatikan pada setiap komponen yang ada, untuk memastikan tidak ada yang konslet.
  4. Jika dirasa tidak ada komponen yang terbakar/ konslet carai pada bagian Sekring dan Thermofuse.
  5. Selanjutnya cek kedua komponen tersbut menggunakan Multimeter pada masing-masing probe.
  6. Apabila hasil pengecekan pada Mutitester tidak menunjukan adanya tegangan yang keluar, dapat dipastikan Komponen Sekring rusak dan perlu dilakukan pergantian.

Baca Juga Cara Reset Canon G2000

Cara Service Kipas Angin Yang Macet dan Berputar lambat

  1. Bongkar dan lepaskan Baut dari yang ada pada kipas angin anda.
  2. Lepas kerangka pelindung baling-baling kipas.
  3. Kemduian lepaskan pelan-pelan penutup dinamo dan lepas spool secara perlahan.
  4. Selanjutnya cari Bearing / Bushing kipas angin dan lakukan pengecekan pada bagian motor ke bearing Bearing atau Bushing sambil digoyak ke kanan dan kiri secara pelan – pelan untuk mengecek apakah bearing sudah aus atau belum.
  5. Apabila pada saat digoyang – goyang longgar berarti bearing kipas sudah Aus dan perlu dilakukan penggantian dengan yang baru.
  6. Terahir apabila Bearing sudah anda ganti, pasang kembali bearing ke Motor Dinamo.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

  1. Bongkar kipas angin anda terlebih dahulu.
  2. Bersihkan debu yang ada pada baling-baling.
  3. Buka pada bagian Motor dinamo dengan hati-hati jangan sampai kabel putus.
  4. Kemudian berikan carikan pelumas/pelicin pada setiap geriki motor agar dapat berputar denga baik.
  5. Namun apabila gerigi motorik Dinamo sudah aus atau rusak segelah ganti dengan yang baru.
  6. Selanjutnya pasang kembali dan pastikan terpasang dengan baik dan pas.

FAQ

Bagaimana Cara Merawat Kipas Angin Agar Tidak Gampang Rusak?

Gunakan kipas angin sewajarnya, dan sering-sering bersihkan kipas dari debu, kemudian beri jeda waktu pemakaian kipas angin agar dinamo tidak panas dan cepat rusak, lalu hindari kipas dari air dan selalu perhatikan kondisi kabel dengan baik.

Bagaimana Memilih Kipas Angin Yang Baik?

Bagi kalian yang ingin membeli kipas angin sebagai pendingin ruangan, dapat memperhatikan beberapa hal dari mulai merek dan lama garansi, kemudian baru perhatikan bahan yang digunakan serta spartpate apakah mudah didapatkan agar nantinya apabila ada kerusakan dan harus melakukan penggantian komponen mudah untuk dicari.

Demikian pembehasan mengenai bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang mati total, berdengung ataupun putaranya lambat sekaligus tips untuk merawat kipas angin agar lebih awet dan tidak cepat rusak, semoga bermanfaat dan sampai ketemu pada tutorial selanjutnya.

Tinggalkan komentar