Cara Flash Asus Zenfone Live L1

Cara Flash Asus Zenfone Live L1 (ZA550KL) Hardbrick– Asus Zenfone Live L1 & L2 merupakan dua jenis tipe handphone yang memiliki kemiripan hampir sama dan sangat sulit bagi kita untuk membedakan antara L1 dan L2 ini.

Handphone ini dibandol denga harga yang cukup murah sehingga banyak sekali digunakan oleh kalangan menengah kebawah. Meskipun begitu dari generasi pertama yaitu Zenfone live L1 kemudian muncul Zenfone live L2 dari beberapa orang masih belum bisa membedakanya.

Padahal kita dapat membedakan dua tipe handphone Zenfone L1 dan L2 ini salah satunya dari corak warna yang digunakan. Akan tetapi untuk lebih pastinya anda dapat menginstall aplikasi dari pihak ketiga pada ponsel asus yang anda gunakan seperti CPU-Z, Antutu Benchmark dan SoC.

Dengan begitu, pada aplikasi tersebut akan menampilkan Chipset, memory dan versi android yang digunakan, nah dari sinilah anda akan mengetahui tipe zenfone live yang sedang anda gunakan.

Perbedaan Zenfone Live L1 Dan L2

Berikut ini adalah beberapa perbedaan tipe asus zenfone live L1 dan L2 yang dapat anda pakai untuk membedakan dua jenis ponsel ini:

Zenfone Live L1

  1. Mengunakan Chipset 8917
  2. Mempunyai warna yang biasa saja ( Non Glosy)
  3. Menggunakan OS android GO

Zenfone Live L2

  1. Menggunkan chipset 8937
  2. Mempunyai warna Glosy (Seperti Kaca)
  3. Menggunakan OS ZenUI 5

Sampai disini seharusnya anda sudah mengetahui perbedaan antara zenfone Live L1 dan L2 za550kl.

Dari pengalaman memakai kedua tipe ponsel diatas, banyak sekali error yang muncul ketika digunakan seperti bootlop, stuck logo, sofbrick dan sampai mati total. Hal tersebut terbukti dari beberapa keluhan pengguna zenfone L1 dan L2 di grup Facebook dan telegram yang mengalami error tersebut.

Namun dari beberapa masalah seperti bootloop, sofbrick dan stuck logo asus ternyata dapat di perbaiki dengan cara flash ulang melalui flashtool asus, namun beberbeda lagi jika ponsel L1 / L2 anda mati total, anda harus membawanya ke tempat service atau service center resmi asus jika masih dalam masa garansi.

Walaupun begitu ternyata masih ada beberapa pengguna yang belum mengetahui cara mudah untuk melakukan flashing asus zenfone za550kl menggunakan PC. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini akan saya bahas langkah-langkah mudah untuk flash asus zenfone live.

Cara Flash Asus Zenfone Live L1 / L2 (ZA550KL)

Untuk Cara flashing zenfone L1 ZA550KL yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini sedikit berbeda dengan tutorial yang sudah ada di internet, biasanya anda akan menemukan beberapa tutorial flash handphone asus menggunakan QPST Tool. Namun pada artikel ini tool yang akan saya gunakan adalah menggunakan Flashtool resmi dari Asus yang bernama WindFlash.

Mungkin dari kalian masih terasa asing dengan flashtool yang satu ini, karena memang WindFlash ini tidak di publikasikan secara umum.

Sekedar info saja, Winflash ini juga sudah mendukung beberapa tipe jenis ponsel asus lainya. Berikut ini adalah beberapa tipe handphone yang suport dengan WindFlash:

  • ZC520TL
  • ZC521TL
  • ZC550TL
  • ZB500TL
  • ZB570TL
  • ZB555KL
  • ZA550KL/G552KL
  • ZA551KL/G553KL

Langsung saja dari pada anda semakin penasaran bagaimana cara flash asus zenfone live za550kl ini menggunakan flashtool Wind ini. Namun alangkah baiknya jika anda sudah mempersiapkan beberapa bahan yang sudah kami sediakan dan dapat anda download dibawah ini sebelum melakukan flashing hanphone asus L1 / L2 anda.

Bahan – bahan :

  1. Asus Flash tool (Wind) disini
  2. Frimeware 8917 L1 dan 8937 L2
  3. Koneksi Internet

Cara Flash Asus Zenfone Live L1 & L2 (ZA550KL)

  1. Pertama-tama ekstrak terlebih dahulu file asus flashtool yang sebelumnya sudah di download ke dalam laptop atau komputer anda
  2. Kemudian buka hasil ektrakan anda dan jalan AFT_Wind.exe


  3. Selanjutnya apabila muncul sebuah popup incorrect file scrater seperti gambar di atas klik OK saja dan tunggu sampai aplikasi flastool terbuka.
  4. Setelah itu apabila flashtool sudah terbuka, arahkan mouse pada kolom yang bertanda merah yang sudah saya lingkari dan pilih model ZA550KL / zenfone live.

  5. Nantinya secara otomatis flastool tersebut akan reload dan membuka dengan sendirinya sesuai dengan model handphone asus za550kl yang sudah anda tentukan sebelumnya.
  6. Sampai tahap ini saatnya anda memilih firmware asus zenfone L1 / L2 yang sebelumnya sudah anda download.





    Catatan : Wipe data pilih Yes untuk menghapus semua data yang ada di ponsel
  7. Langkah selanjutnya adalah masukan HP zenfone live x00rd anda ke mode Fastboot dengan cara pastikan ponsel anda dalam keadaan mati setelah itu tekan dan tahan tombol Vol atas + Power secara bersamaan.
  8. Kemudian hubungkan handphone zenofne live anda ke komputer menggunakan usb cable dan pastikan handphone sudah terhubung di komputer ditandai dengan munculnya serial number ponsel asus zenfone live anda..
  9. Terakhir klik Start untuk memulai flashing dan tunggu sampai proses flash selesai PASS.

Demikianlah cara flash asus zenfone live L1 / L2 yang bisa anda coba untuk mengatasi error pada ponsel asus anda seperti bootloop, stuck logo, softbrik dan lain sebagai secara mudah dan cepat menggunakn asus flashtool Wind terbaru. Terimakasih dan sampai jumpa lagi pada pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan komentar